Sabtu, 04 April 2009

Jawi Temple

Sebenarnya jalan-jalan ke candi Jawi ini merupakan bagian dari jalan-jalanku dan 3 orang temanku ke Welirang,yang aku posting beberapa minggu lalu. Namun bisa dibilang hanya sekedar 'mampir' karena kita ke sana juga setelah hiking gunung Welirang jadi kondisi kami agak letih. Sebenarnya aku tidak tahu kalau ada candi di daerah situ tapi waktu perjalanan turun dari Welirang temanku Haji bilang kalau nanti dalam perjalanan pulang, didaerah Prigen kita akan mampir ke candi Jawi. Ya aku sih tidak keberatan karena selain cuaca cerah, hari juga masih sore jadi selagi ada waktu kenapa tidak:)

Candi Jawi ini memiliki ketinggian 24,50 M dengan ukuran panjang 14,20 M dan lebar 9,5 M. Lokasi candi ini berada di pinggir jalan raya daerah Tretes-Prigen, jadi mudah sekali menemukan lokasi candi ini. Menurut sejarah, candi ini dibangun pada masa akhir kejayaan kerajaan Singasari pada abad ke 13 atas perintah dari raja Kertanegara. Wah sudah lama sekali ya.

Menurutku keadaan sekitar candi ini terawat cukup baik, bisa dilihat dari rumput taman depannya yang hijau dan rapi juga bunga teratai yang memenuhi hampir sebagian besar permukaan kolam, nampak asri bagiku, ya biarpun masih terlihat tanaman lumut pada beberapa bagian bangunan penyangganya. Namun yang terpenting adalah bangunan induk candi yang terlihat masih kokoh terawat, mungkin baru saja dipugar:). Relief dan arcanya juga masih ada biarpun tidak utuh seratus persen, maklum umurnya sudah 8 abad jadi wajar kalau kondisinya seperti itu.

Sebenarnya aku dan teman-temanku sempat berpose dengan latar candi ini tapi karena setelah dilihat hasil jepretannya tidak memungkinkan untuk konsumsi publik jadi tidak aku sertakan dalam posting ini:)

Oiya kalau sempat meluangkan waktu mampir ke tempat bersejarah ini, bersiaplah merogoh kocek untuk memberikan sumbangan seikhlasnya untuk biaya perawatan candi ini. Kita juga akan diminta untuk mengisi buku tamu jadi ada bukti kalau kita pernah kesana, hehehe.

Salam hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post