Kamis, 01 Juli 2010

Bebek Songkem


Kalau lewat daerah Sampang, Madura, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner Bebek Songkem. Kalau biasanya daging bebek dimasak dengan cara digoreng atau di panggang, lain halnya dengan Bebek Songkem ini. Daging Bebek Songkem dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus bersama bumbu pedas, hmmm sedapnya. Dagingnya benar-benar empuk, hingga saat saya gigit dagingnya begitu mudah lepas dari tulang. Saya berani bertaruh, nenek-nenek pun tidak akan repot menggigit untuk menikmati empuknya daging Bebek Songkem ini,hehehe. Selama saya makan bebek, saya rasa daging Bebek Songkem inilah yang paling empuk.

Kenapa dinamakan Bebek Songkem? Konon, awal mula istilah Bebek Songkem ini muncul karena dahulu masyarakat kota Sampang selalu menjadikan makanan ini sebagai oleh - oleh jika hendak berkunjung ke rumah Kyai. Masyarakat sana sering menyebutnya dengan istilah songkeman, makanya hingga sekarang bebek yang mereka bawa itu disebut Bebek Songkem.

Karena asli masakan Madura, sudah barang tentu ini bebek rasanya pedas asin. Benar-benar menyengat lidah. Disajikan dengan nasi yang masih hangat, lalapan kubis dan mentimun kemudian minumnya es jeruk, siang-siang pula, capcus! Dijamin bikin nagih. Rating 8 dari 10 jempol deh untuk bebek yang capcus ini. :D.
Harga seporsinya saya kurang tahu persis, yang jelas tidak sampai 15 ribu rupiah karena seingat saya, waktu itu Ayos mengeluarkan uang 63 ribu rupiah untuk mentraktir kami 4 porsi bebek, 3 gelas es jeruk, 4 gelas es teh, segelas air putih dan dua plastik kerupuk. Hehehe, terima kasih traktirannya Yos.

Lokasi warung bebek milik Pak Salim ini ada di Jalan Trunojoyo, Sampang kota. Jadi kalau lagi lewat daerah Sampang, tidak ada salahnya mampir untuk mencicipi bebek yang maknyus ini.:)

9 komentar:

  1. aku sudah maem di surabaya,,
    tapi yg palsu.. huhuhu

    BalasHapus
  2. nggak apa-apa set sing penting kalo ditanyain orang kan bisa jwb, " saya sudah pernah makan bebek 'songkem'", hehehe

    BalasHapus
  3. aku udah mencobanya maret 2010 pas lagi jalan-jalan nyobain jembatan suromadu, agak heran juga sih bebek kok dikukus,tapi setelah makan baru deh kepala mantuk-mantuk

    BalasHapus
  4. hehe bener mbk esti, itu yang bikin penasaran pengen nyoba, bebek kok dikukus:) tapi rasanya memang beda, nampol abis!:D

    BalasHapus
  5. iyo...
    q dijak Setz mangan,tapi seng palsu....
    hahahahaha......
    gpp se,wonk gratisan.........

    BalasHapus
  6. hahaha bener kuwi pokoke intine gratisan:D

    BalasHapus
  7. Alamat penjual bebek songkem di sby mana yaa..??

    BalasHapus
  8. kalau warungnya setahu saya nggak ada di surabaya, kebetulan waktu itu ada festival jajanan bango di surabaya dan ada stand yang jual bebek songkem...tapi setelah saya incip ternyata beda sekali dengan yang asli sampang ini:)

    BalasHapus
  9. BEBEK KUKUS KHAS SAMPANG MADURA
    www.bebeksongkempaksalim.com

    Info : Telah hadir Bebek Songkem Pak Salim di food court CITO (City of Tomorrow) Bundaran Waru Surabaya & Delta Sari Baru Cluster Puspa No. 40 CP 087855311996, 031-8554684.

    BalasHapus

Ads Inside Post