Minggu, 27 Desember 2009

Dell Vostro 1014


Awalnya dengan budget 6 juta saya bingung harus membeli notebook apa, yang jelas notebook yang saya beli nantinya harus punya kemampuan yang lumayan mumpuni dan juga kuat jika saya gunakan dalam waktu lama. Setelah browsing dan berdiskusi dengan beberapa teman akhirnya pilihan saya jatuh ke Dell Vostro 1014.

Kalau di internet rata-rata notebook ini dibandrol dengan harga $619. Pertimbangan saya, jika beli lewat internet kebanyakan pakai ongkos kirim, hmmm bisa-bisa melebihi budget nih. Belum lagi beli screenguard LCD, softcase dan mouse, wah bener-bener overbudget kalau diturutin.

Dengan harga segitu kita bisa dapat spesifikasi notebook yang lumayan bagus, menurut saya :). Ini spesifikasi lengkap Dell Vostro 1014

Bagaimana? Kalau menurut saya sih dengan harga segitu, spec seperti ini sudah lumayan. Hehe. Belum lagi saya belinya pas ada pameran, akhir tahun seperti ini pula, sudah pasti bonusnya lebih. Capcus! Waktu itu harganya setelah di kurs kan rupiah menjadi 5.880.500, dapat potongan harga menjadi 5.750.000, driver + cd linux ubuntu + tas sudah pasti dapat. Belum cukup itu, saya juga diberi 3 lembar voucher potongan harga masing-masing 50 ribu untuk membeli softcase, screenguard dan keyboardguard. Weeeh mantab dah!

OS yang saya gunakan adalah windows XP SP3, awalnya driver wi-fi dan bluetooth tidak bisa diinstall, saya pikir apa drivernya yang tidak update, akhirnya saya coba download langsung dari situsnya Dell. Namun setelah saya install seperti biasa tetap saja keluar notification "driver not compatible with hardware", saya ulangi berkali-kali dan sempat juga saya install ulang Os-nya tapi tetap saja seperti itu, arrghhh sampai pusing saya.

Dari forum sebenarnya juga sudah ada yang bilang, kalau ada driver yang failed saat diinstall, coba pakai cara manual lewat device manager. Awalnya ya saya buka device manager, pilih update driver, lalu saya centang source dari CD rom kemudian update gitu, ternyata bukan begitu maksudnya, dasar saya yang dudul, hehehe. Ternyata begini, meskipun failed, driver tersebut tetap ter unzip di folder dell, nah sourcenya waktu meng update jangan pilih yang dari CD room tapi dari folder yang sudah ter unzip tadi. Ingat, klik terus subfoldernya sampai button OK menyala, setelah itu langsung klik dah.

Kekurangan dari notebook ini yang saya rasakan adalah letak speakernya yang berada di bawah, jadi suara kurang bisa maksimal. VGA nya juga masih onboard, sampai saat ini masih itu yang saya rasakan, semoga tidak ada lagi kekurangannya. Kalau kelebihannya yang paling membuat saya tersenyum senang adalah baterainya yang tahan lama, pada waktu pertama kali digunakan, saat start up tertulis 4:10 hours (100%). Overall, sampai saat ini saya masih puas dengan notebook ini.

Mungkin itu saja review dari saya, semoga bermanfaat.

nb : Kalau ada info yang bermanfaat tentang notebook ini mohon bagi-bagi ya:)

24 komentar:

  1. pak saya sudah pernah coba cara itu tapi kok ndak berhasil ya? saya pakai XP SP2?
    dan apakah bapak juga sudah punya driver bluetooth nya? saya download di situs DELL adanya cuma driver wifi. itupun tak bisa diinstal.

    mohon kalau ada driverny kiranya bisa dikirimkan ke alamat email saya ya pak?atau kalau kebesaran tolong tunjukkan alamat situs yang bisa saya unduh. matur nuwun sebelumnya.
    priyo surabaya

    mailpriyo@ymail.com

    BalasHapus
  2. Sebelumnya terima kasih atas pertanyaannya, seperti yang saya tulis di posting saya, meskipun driver tidak sukses terinstall tapi driver tersebut tetap ter unzip dan terletak di folder yang sama dengan folder driver yang telah sukses terinstall, mungkin untuk lebih jelasnya langkah-langkahnya sebagai berikut:

    1. Buka device manager, kemudian klik kanan pada driver yang belum terinstall

    2. Klik update driver

    3. Centang radio button "no,no this time" lalu next

    4. Centang radio button "install from a list or specific location" lalu next

    5. Centang radio button "search for the best driver locations" lalu centang juga "include this location in the search" yang "search removable media(floppy,CD-ROM...)" tidak perlu dicentang

    6. Browse folder kumpulan driver dell yang sudah ter unzip, kalau punya saya di

    C:\dell\drivers\R219313\DRIVER_US (untuk wi-fi) lalu tekan OK kemudian tekan next

    C:\dell\drivers\R140135\3100_216\win32 (untuk bluetooth) lalu tekan OK kemudian tekan next

    note: setelah tekan browse pasti ada pilhan OK dan Cancel, button OK akan dapat kita klik setelah kita pilih subfolder yang sesuai, misal untuk wi-fi, dulu saya langsung pilih folder R219313 tapi tombol OK belum bisa di klik akhirnya saya coba pilih subfoldernya (kebetulan punya saya yang folder DRIVER_US) dan alhamdulillah bisa, kemudian saya terapkan juga untuk bluetoothnya dan ternyata bisa juga, hehe. Semua driver tadi sudah ada cd driver epsindo bawaan laptop ini. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  3. pak saya kurang jelas karena saya tidak ada driver yang tidak terinstall .. tolong lebih jelas lagi yang mana yang harus saya "klik kanan".

    saya memakai windows 7

    BalasHapus
  4. upgrade os ke win 7 ultimate....

    BalasHapus
  5. kalau pakai win 7 seharusnya malah lebih gampang karena semua driver otomatis terinstall, tapi ada baiknya driver diinstall secara manual satu persatu..kalau pakai win 7 pilih driver yang untuk vista di cd bawaannya.

    BalasHapus
  6. oy pak mau tnya nehhh,, sya kan pake dell vostro 1014 nah anehnya waktu saya nginstal xp1,2,3 gx bisa2 yang mw cuma xp3 versi dark7 ,vista,windows 7, knapa bgitu ya pak mhon bantuannya,,,

    oy waktu ngnstal xp,1,2,3 tu seblum masuk ke pembagian partisi instalannya stop, ktnya ad yg error?

    BalasHapus
  7. pak aku mau tanya bagaimana cara download driver dell 1014 sata sp 2 ya mohon dijawab

    BalasHapus
  8. @sandi detektif : coba pakai cd installer windows yang lain, soalnya saya sudah pernah install laptop saya pakai windows xp, 7 dan linux lancar-lancar saja kok:)

    @Anonim : coba Anda buka situs supportnya Dell di http://support.dell.com/support/downloads

    disana Anda bisa memilih driver untuk beberapa OS, download saja dari situ. selamat mencoba!:)

    BalasHapus
  9. awalnya saya install Dell Vostro 1014 lancar-lancar aja tapi pas terakhir kok ada USB Device Unknown dan Bluetooth nya sudah terinstall dan led nya nyala tapi kok gak bisa di ON kan mohon penjelasannya ....

    BalasHapus
  10. @Bluesuxan : setahu saya, device unknown itu card readernya mas, nanti saat pertama digunakan (dimasukkan mmc, sd card dkk) otomatis akan detect sendiri, dan notifikasi device unknown akan hilang:)

    untuk masalah bluetooth, cara menghidupkan bluetooth : tekan tombol Fn + F11. kombinasi tombol ini juga sekalian untuk mengaktifkan wi-fi:)

    semoga bisa membantu.salam:)

    BalasHapus
  11. mas mau tanya..laptop sya jg DELL VOSTRO 1014..pas instal bluetooth kok gak cocok sama xp sp2 ya...cuma buat vista only..apa mmg di cd drivernya dell 1014 gak dicantumkan instalan bluetooth buat XP???tolong pencerahanya mas..thx sebelumnya...

    BalasHapus
  12. @mas anonim : permasalahan Anda juga sama dengan saya, saat menginstall driver bluetooth akan muncul notifikasi tidak kompatible dengan hardware. Sebenarnya instaler bluetooth sudah disertakan pada cd drivernya hanya saja kita perlu menginstalnya secara manual. Secaranya rincinya Anda bisa lihat pada komentar saya yang awal di kolom komentar postingan ini. Semoga bisa membantu:)

    BalasHapus
  13. Minta driver bluetoothnya bisakah?

    BalasHapus
  14. Mas, daku minta dikirim driver bluetoothnya ke e-mail, bisakah kira2?! saya sudah download beberapa driver bluetoothnya tapi tetep memble, bluetooth ga bs jalan,..

    BalasHapus
  15. Kalau lewat email saya rasa kebesaran filenya. Apa sudah dicoba menginstal secara manual? Secaranya rincinya Anda bisa lihat pada komentar saya yang awal di kolom komentar postingan ini. Semoga bisa membantu:)

    BalasHapus
  16. halo gan salam kenal,,saya ada sedikit masalah nie,,udah baca dan praktekan bagian koment anda yg paling atas,,tapi tetap tidak bisa..

    saya baru install Xp sp 3 di dell vostro 1014 sya ini,,tapi masalahnya tidak bisa buat wifi-an dan bluetooth,,tolong berikan link untuk akses ke driver wifi dan BTnya,,serta caranya,,

    cari device manager dimana?? saya kurang mengerti,,trimz a lot

    BalasHapus
  17. tolong berikan link untuk driver wifi dan BT nya,,saya sudah coba,,tapi tetap gagal,,
    saya bru install ulang dell vostro 1014 dengan XP SP 3,
    mohon bantuan dan penjelasannya yg lebih detail,,,ke emai
    mawmawlagi@gmai.com
    trimz..

    BalasHapus
  18. @Mawar Sharing Center : di cd driver bawaan laptop ini sudah ada kok sebenarnya (cd driver eps indo), tinggal lakukan seperti cara saya..untuk device manager anda bisa klik kanan di my computer, pilih properties, pilih tab hardware, lalu pilih device manager. untuk selanjutnya tinggal mengikuti cara di komen saya yg paling atas, selamat mencoba:)

    BalasHapus
  19. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5208003

    BalasHapus
  20. tempo hari saya service laptop karena overheat, nah trus bluetoothnya gak mau nyala. padahal udah berkali" ganti driver dell, apakah penyebabnya karena ada komponen hardware bluetooth dalam laptop belum terpasang? kalo iya apa nama komponenya?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. tempo hari kan saya service laptop,
    sebelumnya bluetooth saya gak bermasalah.
    nah trus saya udah ganti" driver tetep aja bluetooth gak mau nyala.
    apa ada komponen bluetooth dalam laptop saya yg belum terpasang? kalo iya, apa nama komponen tsb klo laptopnya Dell Vostro?

    BalasHapus
  22. vostro saya kadang tidak bisa dihidupkan tanpa chargernya di connect ka...tapi kadang juga bisa normal, ada solusi mas?

    BalasHapus
  23. gan... ane juga pake DELL Vostro 1014. Batre ane uda soak. heheh. itu memang salah ane. kemudian layarnya seperti ada garis merah pada setiap gambar jadi terkesan 3D. mungkin agan2 sekalian ada cara untuk memberikan saran agar garis tersebut bisa hilang. hehehe
    terima kasih

    BalasHapus
  24. Gan minta pengetahuan ja donk, emag klo install driver dell yg gx bisa ke install itu pasti pke wifi downloadnya lewat device manager y ?, trus kenapa klo kita udh download drivernya psti trkadang gx bisa di extract y, pas kita download lewat online hanya sebagai pemancing ja melalui wifi bru dah mereka smua pd keinstall, emg nihh laptop adil bgt y gan !!, sya mpe pusing klo lgi install drivernya, hehehe

    BalasHapus

Ads Inside Post